Berisik

Ruang untuk pembelajar yang senang berkolaborasi dan menghargai kesetaraan dengan berkarya

Dikelola Oleh

© 2016. BERISIK.ID | DIKELOLA OLEH
POWERED BY
Creative Commons License

september, 2017

29sep01octKERJA DAN PRODUK ARSIP DALAM SATU RUANG(september 29) 09:00 - (october 1) 23:00 Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Jalan Pancasila, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

more

Event Details

Bursa Arsip – Festival Arsip – IVAA 2017
29 September – 1 Oktober 2017

Bursa Arsip merupakan bagian dari kegiatan besar Festival Arsip yang diselenggarakan oleh IVAA 2017 dengan tema besar “Kuasa Ingatan”. Kegiatan Bursa Arsip akan berlangsung dari tanggal 29 September – 1 Oktober 2017 di PKKH UGM.

Menghadirkan semangat mengarsip yang dikerjakan baik secara personal maupun komunal sebagai kerja literasi, Bursa Arsip hadir untuk melengkapi Festival Arsip. Bursa Arsip tak hanya menampilkan arsip-arsip sebagai mati, melainkan juga produk-produk yang dihasilkan dari arsip. Misalnya buku, musik, diskusi, dan lain sebagainya.

Selain Bursa Arsip, kegiatan ini juga bersebelahan dengan Pameran Komunitas. Komunitas yang diundang dalam pameran ini merupakan komunitas pengarsip dari berbagai kota, seperti Jakarta, Bali, Kalimantan, Yogyakarta, Bandung, dan lain sebagainya.

Beberapa aktivitas yang dapat ditemui sekaligus berinterkasi dalam satu ruang itu adalah: 1) Zlink!, 2) Bakar Arsip!, 3) Lapak Buku, 4) Lapak Lawasan, 5) Diskusi Buku, 6) Worksop Artistik Buku, dan 7) Musip (Musik Arsip).

Zlink!
Kegiatan ini untuk menautkan kembali ingatan kita tentang media propaganda di masa lalu. Tak hanya berisi tentang perbagai wacana, jurnalisme bawah tanah itu juga mengandung nilai-nilai artistik. Zine adalah media propaganda itu. Kini, ia menjelma sebagai ingatan. Sementara Link adalah tautan-tautan dalam upaya kita membongkar ingatan. Link mencoba menghubungkan dari satu zine ke zine yang lain. Agar pengunjung juga menjadi bagian dari Link, disediakan mesin penggandaan manual.

Bakar Arsip!
Arsip-arsip terpilih yang telah didigitalisasikan juga bisa Anda nikmati melalui “Bakar Arsip!”. Bakar Arsip! merupakan transformasi kerja zine dengan teknologi kekinian. Pengunjung dapat memilih arsip yang sudah tersedia di dalam katalog, lalu menyerahkan kepada panitia untuk dibakarkan (burning).

Lapak Buku
Arsip sebaiknya tak diperlakukan sebagai benda mati. Ia akan senantiasa bernyawa dan meminta pertanggungjawaban. Oleh sebab itu, Lapak Buku dihadirkan sebagai representasi sebagian hasil kerja arsip yang dihidup-hidupi sehingga menghasilkan pengetahuan (yang baru), yang telah disajikan dalam bentuk buku. Anda akan menemukan buku-buku yang diterbitkan dengan semangat mandiri (dari penerbit indie), dan buku-buku berbasis arsip (dari penerbit mayor).

Diskusi Buku
Buku-buku yang didiskusikan adalah berbasis arsip. Penerbit Galang Press Yogyakarta mengajukan “Membangun Republik” dengan menghadirkan Baskara T. Wardaya sebagai pembicara. Buku kumpulan esai ini sarat dengan penggunaan arsip sehingga dapat mengaktualkan masa lalu tentang bagaimana sebuah republik dibangun.

Sementara itu, Penerbit Bentang Pustaka mengajukan buku yang dibangun dari arsip dari, yaitu “Jurnalisme Online”. Buku yang ditulis oleh Engelbertus Wendratama, ini membongkar bagaimana jurnalisme online yang kian menjamur sekaligus pengarsipan onlinenya. Hadir sebagai pembicara adalah Engelbertus Wendratama (Penulis Buku “Jurnalisme Online”), Agung Purwandono (Pimred Redaksi Kedaulatan Rakyat Yogyakarta). Acara ini akan dipandu oleh Baiq Nadia (Editor Bentang Pustaka).

Workshop Artistik Buku
Bagaimana rupa sebuah buku, tak lepas dari peran penata artistik buku pada dapur penerbit. Penerbit Bentang Pustaka akan membongkar bagaimana kerja dari penata artistik dan menyiapkannya sehingga menarik bagi pembaca. Adit Hapsoro (Kepala Desain Bentang Pustaka) hadir sebagai pembicara dengan dipandu oleh Irwan Bajang (Indie Book Corner).

Selain itu, dihadirkan pula workshop artistik buku versi booklovers dengan Flanel Buku. Kegiatan Flanel Buku adalah cara booklovers merawat buku yang dimilikinya agar aman dari gangguan debu serta rayap serta dapat diwariskan ke generasi berikutnya. Awit Radiani akan memandu Anda bagaimana merawat sekaligus mendisplay buku Anda menjadi cantik dalam perpustakaan pribadi Anda.

Musip
Atau Musik Arsip merupakan pertunjukan musik yang mendukung dan mengiringi Bursa Arsip agar tak sepi dari nada dan irama. Sebagaimana yang Anda lakukan dalam ruang baca, musik hadir untuk memberikan kenyamanan agar Anda betah untuk terlibat dalam aktivitas literasi di Festival Arsip kali ini. Jono Terbakar, Frog House, Sejarah Ontologi, Long Trem Loving Club, Asap Tebal, Greg Sindana akan memberikan suguhan renyah dan mendamaikan. Rengkuhlah!

Kami mengundang Anda
Rangkaian kegiatan ini terbuka untuk umum. Anda bisa datang sendiri, berdua, atau berombongan. Agar kami bisa memfasilitasi Anda, silakan hubungi Qoida di nomor 0898 8910 464.

Detail Info
Manual acara dapat diunduh melalui http://bit.ly/rundown_bursa_arsip.

Kontak: Fairuzul Mumtaz (085 868 357 537)

Time

September 29 (Friday) 09:00 - October 1 (Sunday) 23:00

Location

PKKH UGM

Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Jalan Pancasila, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Organizer

Indonesian Visual Art Archive

Comments are closed.

X

Send this to friend