Berisik

Ruang untuk pembelajar yang senang berkolaborasi dan menghargai kesetaraan dengan berkarya

Dikelola Oleh

© 2016. BERISIK.ID | DIKELOLA OLEH
POWERED BY
Creative Commons License

RUBAH DI SELATAN MEMBAWA PANAS MERAPI BERSAMA GAMELAN MBEN SURUP

Foto dok. Rubah di Selatan

Untuk pertama kalinya Rubah di Selatan membawakan karya terbarunya dalam bentuk kolaborasi dengan Komunitas Gamelan Mben Surup. Dengan mengangkat tema Merapi dalam lagu ini, Rubah di Selatan yang digawangi oleh Gilang Pultn, Mallinda Zky, Yayan, dan Ronie Udara, ingin menyampaikan lebih dari sekadar karya, juga pesan yang mereka dapat hingga singgah ke Merapi.

Sedikit berbeda dengan karya-karya sebelumnya, kali ini Rubah di Selatan terjun langsung menuju Merapi untuk mencari tahu sejauh apa dan sedalam apa cerita serta sejarah yang ada disana. Keempat personil Rubah di Selatan melihat bagaimana peninggalan benda-benda sisa peristiwa meletusnya gunung Merapi, berbincang singkat dengan warga sekitar disana, serta mencari tau lebih jauh tentang pesan apa yang ada dalam sosok ‘Merapi’. Melihat secara langsung bagaimana megahnya Merapi dan cerita warga sekitar, menjadi rangsangan yang Rubah di Selatan transormasikan dalam bentuk karya, hingga pada akhirnya terciptalah karya MERAPI TAK PERNAH INGKAR JANJI.

Dalam karya yang berjudul MERAPI TAK PERNAH INGKAR JANJI ini, Rubah di Selatan bercerita tentang apa yang terjadi dibalik meletusnya Gunung Merapi, lalu pesan apa yang ada didalamnya yang tumbuh dan dipercaya sebagai petuah oleh masyarakat sekitar Gunung Merapi. Dalam lirik lagu ini diselipkan kata-kata yang ada dalam salah satu Museum disana tepatnya Museum Mini Sisa Hartaku, yang mana kalimat tersebut bercerita tentang pesan gunung Merapi kepada warga sekitar Merapi. Menurut warga setempat, kata-kata tersebut merupakan petuah dari Almarhum Mbah Maridjan sebagai tokoh masyarakat setempat dan juga Juru Kunci dari Gunung Merapi, yang mana pesan tersebut adalah pesan spiritual yang beliau dapatkan lalu disampaikan pada warga sekitar ketika Merapi hendak meletus (nduwe gawe).

Yang membuat karya ini menarik adalah, Rubah di Selatan diberi kesempatan untuk berkolaborasi dengan Komunitas Gamelan Mben Surup dalam program The Living Room di Gayam 16. Dari proses pengkaryaan yang telah dilakukan oleh Rubah di Selatan, lalu bersama-sama direspon oleh Komunitas Gamelan Mben Surup dengan menambahkan instrumen gamelan, menjadikan karya ini sangat kental akan bunyi-bunyian tradisi, dan tentu sejalan dengan pesan yang ada di dalam karya ini. Tidak hanya dari segi musikal, pada proses pembuatan video kolaborasi karya ini, Rubah di Selatan dan Gamelan Mben Surup melakukan berbagai macam olahan visual, mulai dari teatrikal dari pesan dalam karya ini, hingga beberapa tarian yang untuk kali pertama vokalis Rubah di Selatan, Mallinda lakukan dalam video kolaborasi tersebut. Dengan melakukan Proses kurang lebih satu bulan, video kolaborasi Rubah di Selatan dan Gamelan Mben Surup kini sudah bisa dinikmati di Channel Youtube Rubah di Selatan dan Gamelan Mben Surup.

Rubah di Selatan mengaku bahwa karyanya kali ini merupakan karya dengan pertanggung-jawaban paling berat sejauh ini. Karena karya ini pada dasarnya mengibaratkan perjalanan hidup layaknya sebuah kendaraan, dibutuhkan sebuah rem untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Dan karya ini adalah ‘rem’ untuk segala hal yang mampu berdampak negatif, baik keegoisan, kesombongan, dan hal-hal negatif lainnya. Merapi adalah pengingat bahwa pada dasarnya semua hal yang dilakukan di dunia memiliki konsekuensi. Dalam perjalanan hidup kita berbuat baik akan mendapatkan hal yang setimpal, pun dengan kita berbuat tidak baik atau melanggar norma-norma pasti akan mendapatkan hal yang setimpal juga, namun pasti akan ada pesan dari apa yang kita dapatkan dari ketidak-baikan yang entah sengaja maupun tidak sengaja dilakukan. Jadi memiliki sebuah ‘rem’ dalam karya membuat Rubah di Selatan memiliki pengingat yang dulu telah ada dan dipercaya sebagai petuah dari kearifan lokal masyarakat Yogyakarta, serta harapannya adalah agar pesan ini dapat kembali mengingatkan para pendengar tentang cerita dan pesan dibalik Merapi.

Selengkapnya, mari bersama menjadi saksi di akun Youtube kami Rubah di Selatan.

Gilang Pultn – Rubah di Selatan

Send this to friend